VISI : Terbangunnya Tata Kelola Pemerintahan Desa yang Baik dan Bersih Guna Mewujudkan Desa Purwawinangun yang Rapih (Religius, Aman, Produktif, Inovatif dan Hijau).

MISI : 1. Menyelenggarakan Pemerintah Desa yang Bersih, Demokratis, bebas dari Korupsi, Transparan dan Akuntabel; 2. Mengembangkan Perekonomian Masyarakat melalui Pemanfaatan Potensi Desa; 3. Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat untuk Mencapai Taraf Kehidupan yang Lebih Baik dan Berpendidikan;  4. Meningkatkan Toleransi Kehidupan Bermasyarakat melalui Gotong Royong dan Berakhlak Mulia.

 

Sejarah Desa

Administrator 26 Agustus 2016 15:38:09

.Kira-kira 3 km di sebelah utara Perguruan Agama Islam Puser Bumi Setana Gunung Jati terdapat Pasar celancang yang Penjual dan Pembelinya dari dulu hingga sekarang adalah orang yang sekitar pasar dan tetangga Kecamatan Kecamatan Gunungjati, Kapetakan, Plered, Jamblang dan Panguragan.

Nama Celancang itu dari asal kata Nyancang, perahu-perahu di Pelabuhan Bengawan yang kemudian disebut Bengawan Celancang. Singkat cerita termasuk pasarnya disebut Pasar Celancang. Hal tersebut diperkuat dengan peristiwa datangnya Pasukan Laksamana Cheng Hwa dengan membawa + 27.800 prajurit dan + 100 lebih kapal berlabuh untuk sesuatu keperluan yaitu sekitar Tahun 1720 Masehi. (pangeran Arya Carbon, 1720 M., Purwaka Caruban Nagari).

Disaat itu sejak bandar pelabuhannya adalah Ratu Singapura sebagai Mangkubumi Kerajaan Sunda bernama Ki Ageng Jumajan Jati / Ki Ageng Tapa. Dengan demikian kawasan Pelabuhan adalah merupakan kawasan baru yang penduduknya kebanyakan Pendatang, sehingga kewilayahannya juga tergolong Daerah Transit.

Sekitar antara Tahun 1920 – 1940 lengkap sebuah cerita bahwa kawasan Pelabuhan ini masih terbagi 3 Desa, yaitu Desa Kecitran Kuwunya Hamzah, Desa Muara Kuwunya Siwan dan Kuwu Carman dan Desa Pabean Kuwunya Kuwu Punuk dan Kuwu Satu. Dengan lajunya perkembangan jaman maka dari ketiga Desa tersebut terjadi penggabungan yaitu dari Ketiga Desa tersebut menjadi satu yaitu Desa Purwawinangun.

Kata Purwawinangun berasal dari kata “Purwa” artinya Kawitan dan “Winangun” artinya membangun. Pertama membangun Desa di tiga desa sebelumnya adalah Desa Purwawinangun.

Para Kuwu dijaman 3 Desa tersebut yaitu Kuwu Hamzah, Kuwu Punuk, Kuwu Satu, Kuwu Siwan dan Kuwu Carman. Setelah itu penggabungannya dengan Nama Desa Purwawinangun. Yaitu:

 
No. NAMA KUWU / KEPALA DESA TAHUN
1. KUWU RALIM 1943 - 1963
2. KUWU JABIDI 1963 - 1967
3. KUWU TASWIRA 1967 - 1983
4. KUWU M. KADURI, BA 1985 - 1995
5. KUWU SUYOTO 1995 - 2003
6. KUWU RALIYA 2003 - 2011
7. KUWU TASUMI 2011 - Sekarang

 

Komentar atas Sejarah Desa

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Layanan Mandiri


Silahkan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

PEMDES PURWAWINANGUN

My Channel

Lokasi Kantor Desa

tampilkan dalam peta lebih besar

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung

Site Links